Waspadalah terhadap Malware Brata Serang Ponsel Android Anda

Teknoflix.com– Hallo sahabat teknoflux, Bagi anda pengguna Android harus waspada dengan malware trojan Android Brata Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Brata awal mulanya adalah sebuah spyware, namun malware ini telah mengalami pembaruan dan menjadi trojan perbankan. Pembaruan tersebut membuat brata dapat melakukan reset factory pada perangkat yang di serang.

Adapun cara kerja malware ini dengan cara mereset pada ponsel untuk menghapus bukti setelah melakukan tranfer ilegal dari rekening bank online korban.

Brata atau Braziilian RAT Android yang di namai oleh peneliti kaspersky setelah di temukan pada 2019 karena secara khusus menyerang pengguna android di Brasil. Sejak saat itulah, Brata telah memperluas jangkauanya ke bank AS dan Spanyol.

Perusahaan keamanan siber cleafy menganalisis tiga varian Brata baru dan menemukan fakta bahwa pengembang malware ini menggunakan reset pabrik untuk mencegah korban menemukan bukti transfer yang tidak sah.

Hal tersebut akan meng halangi langkah korban dalam melaporkan dan menghentikan transaksi yang di lakukan penjahat.

Waspadalah terhadap Malware Brata Serang Ponsel Android Anda

Reset pabrik bertindak sebagai saklelar mematikan perangkat setelah malware berhasil melakukan transfer ilegal atau ketika malware terdeteksi oleh perangkat lunak keamanan.

Tampaknya pelaku serangan menfaatkan fitur ini untuk menghapus semua jejak, tepat setelah upaya transfer kawat yang tidak sah, menurut cleafy, seperti di kutip dari ZD net.

Maka dengan cara ini, korban akan kehilangan lebih banyak waktu sebelum memahami bahwa tindakan jahat telah terjadi, ujarnya.

Reset pabrik di lakukan oleh Brata dengan menyamar sebagai aplikasi keamanan yang sah yang meminta korban memberikan izin, admin perangkat Android.

Pemberian izin admin memungkinkan sebuah aplikasi untuk menghapus semua data, mengubah kunci layar, hingga mengatur kata sandi.

Selai fungsi reset pabrik, Berata juga memiliki kemampuan untuk memantau aplikasi bank korban melalui VNC. VNC membantu penjahat siber melihat apa yang ada di layar aplikasi banbk, seperti saldo rekening dan riwayat transaksi.

Brata di sebabkan menggunakan sms yang menyamar sebagai pihak bank dan berisi tautan ke situs web tempat korban di tipu untuk mengunduh aplikasi anti spam.

Setelah mengunduh aplikasi, penjahat kemudian menelpon korban menipu mereka untuk menginstal aplikasi trojon perbankan, yang memungkinkan penyerang untuk mencuri kode otentikasi dua langkah yang di kirim oleh bank.

Baca juga

Di lansir dari XDA Develovpres, cara terbaik untuk menghindari infeksi Brata adalah dengan berhati-hati saat memberi izin aksesibilitas akses admin.

Akhir Kata

Demikianlah informasi singkat mengenai Malware Brata Ponsel Android dan Curi Data Penting ini semoga dapat membantu dengan adanya inpo di atas.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *